Mgr Anton Pieter Franz van Velsen SJ

Vikaris Apostolik Emeritus Batavia

  • Lahir di Overveen, Belanda: 8 Februari 1865.
  • Tahbisan Imam Serikat Jesus (Jesuit): 1895. 
  • Pastor Stasi Misi Tetap Bogor (menggantikan Pater M.Y.D. Claessens, imam Praja Belanda yang sudah bermisi di Bogor selama 30 tahun): 1907-1924.
  • Ditunjuk Vikaris Apostolik Batavia (kini Keuskupan Agung Jakarta): 21 Januari 1924, dengan dianugerahi gelar Uskup Tituler Aezani.
  • Tahbisan Uskup Tituler Aezani: 13 Mei 1924, di Gereja Katedral St Perawan Maria Diangkat ke Surga Jakarta. Saat itulah untuk pertama kalinya seorang Uskup ditahbiskan dalam Gereja Katedral.
  • Pentahbis Utama: Mgr Jan Pacificus Bos OFMCap, Vikaris Apostolik Borneo Olandese (kini Keuskupan Agung Pontianak) yang bergelar Uskup Tituler Capitolias.
  • Pentahbis Pendamping: Mgr Arnoldus Johannes Hubertus Aerts MSC, Vikaris Apostolik Nuova Guinea Olandese (kini Keuskupan Amboina) yang bergelar Uskup Tituler Apollonia; dan Mgr Arnold Verstraelen SVD, Vikaris Apostolik Isole della Piccola Sonda (kini Keuskupan Agung Ende) yang bergelar Uskup Tituler Myriophytos.
  1. Memberkati Gereja Santo Joseph Matraman, Jakarta Timur, DKI Jakarta, 6 April 1924.
  2. Ketua pertama cikal-bakal Konferensi Waligereja Indonesia (KWI). Dua hari setelah menerima tahbisan episkopal, Mgr Anton Pieter Franz van Velsen SJ memimpin sidang pertama para Vikaris Gereja Katolik di Indonesia yang berlangsung di Pastoran Katedral Jakarta pada 15-16 Mei 1924. Inilah sidang pertama para Vikaris Gereja Katolik di Indonesia yang hingga kini dijadikan sebagai rujukan penentuan kapan KWI lahir.
  3. Ketika Mgr Anton Pieter Franz van Velsen SJ menjadi Vikaris Apostolik Batavia, didirikanlah Perkumpulan Strada -sebuah karya pastoral di bidang pendidikan- pada 24 Mei 1924.
  4. Memberkati Altar Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran, Bantul, Yogyakarta pada 20 Agustus 1924, beberapa bulan pasca pembangunan gereja yang selesai dibangun pada 16 April 1924.
  5. Melakukan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Santa Elizabeth Semarang, Jawa Tengah, pada 9 Maret 1926, sekaligus memberkatinya bertepatan dengan pesta Santo Lukas, pelindung para dokter, 18 Oktober 1927, didampingi oleh Pater P. Hoeberechts SJ.
  6. Memberkati Seminari Kecil Santo Petrus Kanisius Yogyakarta (1925-1941), yang gedungnya terletak di sebelah Barat Kolese Santo Ignatius (Kolsani) Yogyakarta pada 19 Desember 1927 (kini gedung ini digunakan sebagai Kampus Pendidikan Guru Agama Katolik Universitas Sanata Dharma, IPPAK). Seminari ini menerima anak-anak lulusan Hollands Inlandse School (HIS) dan Europesche Lagere School (ELS), sebelum akhirny pindah ke Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah, tahun 1941; yang pelajaran pertama di Mertoyudan mulai pada 13 Januari 1941. 
  7. Peletakan batu pertama pembangunan Candi Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran, Bantul, Yogyakarta, pada 26 Desember 1927. Ketika sudah selesai dibangun, candi ini juga diberkati oleh Mgr Anton Pieter Franz van Velsen SJ pada 11 Februari 1930, yang bertepatan dengan penampakan Bunda Maria di Lourdes, Perancis.
  • Mengundurkan diri sebagai Vikaris Apostolik Batavia pada usia 68 tahun: Maret 1933.
  • Wafat sebagai Vikaris Apostolik Emeritus Batavia pada usia 71 tahun: 6 Mei 1936 (lebih dari 41 tahun sebagai imam dan hampir 12 tahun sebagai Uskup).
  1. Mgr Mathias Leonardus Trudon Brans OFMCap (kelak menjadi Vikaris Apostolik Medan setelah Vikariat Apostolik Padang berganti nama menjadi Vikariat Apostolik Medan pada 23 Desember 1941) sebagai Uskup Tituler Corna ketika diangkat menjadi Vikaris Apostolik Padang (kini Keuskupan Agung Medan) (5 Februari 1933).
  • Keuskupan Agung Jakarta:
Pendahulu: Mgr Edmundus Sybrandus Luypen SJ
Penerus: Mgr Pieter Jan Willekens SJ

R.B.E. Agung Nugroho
________________
Foto:
Mgr Anton Pieter Franz van Velsen SJ [www.mirifica.net]
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HIRARKI GEREJA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger