Malang Punya Uskup Baru

Malang Punya Uskup Baru

TEPAT pukul 17.00 WIB, di Gereja Katedral Santa Perawan Maria dari Gunung Karmel Malang, Uskup Malang, Mgr Herman Joseph Sahadat Pandoyoputro OCarm membacakan surat dari Takhta Suci bahwa Romo Henricus Pidyarto Gunawan OCarm ditunjuk menjadi Uskup baru Malang. Peristiwa itu terjadi setelah Ibadat Sore (Vesper) Vigili Hari Raya Santo Petrus dan Paulus.

Penunjukkan Mgr Pidyarto ini bertepatan dengan dikabulkannya pengajuan pengunduran diri Mgr Pandoyo sebagai Uskup Malang oleh Paus Fransiskus. Pengajuan diri Mgr Pandoyo sebagai Uskup Malang ini sesuai dengan KHK Kan.401 §1, "Uskup Diosesan yang sudah berusah genap 75 tahun, diminta untuk mengajukan pengunduran diri dari jabatannya kepada Paus, yang akan mengambil keputusan setelah mempertimbangkan segala keadaan". Hal ini sesuai dengan kenyataan bahwa Mgr Pandoyo saat ini sudah berusia lebih dari 77 tahun.

Setelah diumumkan penunjukkan penggantinya secara resmi, Mgr Pandoyo akan disebut sebagai Uskup Emeritus Malang. Sebutan ini juga sesuai dengan KHK Kan.402 §1, "Uskup yang pengunduran diri dari jabatannya diterima, mendapat gelar emeritus dari keuskupan, ..."

Terpilihnya Mgr Pidyarto sebagai Uskup baru Malang ini tidak mengurangi jumlah sede vacante (takhta lowong) di empat keuskupan di Indonesia. Keempat keuskupan itu adalah sebagai berikut:
1. Keuskupan Agung Semarang lowong sejak 10 November 2015 ketika Mgr Johannes Maria Trilaksyanta Pujasumarta wafat.
2. Keuskupan Pangkalpinang lowong sejak 29 April 2016 ketika Mgr Hilarius Moa Nurak SVD wafat.
3. Keuskupan Tanjung Selor: lowong sejak 16 Februari 2015 ketika Mgr Justinus Harjosusanto MSF diangkat menjadi Uskup Agung Samarinda.
4. Keuskupan Sintang: lowong sejak 3 Juni 2014 ketika Mgr Agustinus Agus diangkat menjadi Uskup Agung Pontianak.

R.B.E. Agung Nugroho
______________________
Foto: 
1. Mgr Henricus Pidyarto Gunawan OCarm (www.hidupkatolik.com)
2. Mgr Herman Joseph Sahadat Pandoyoputro OCarm (keuskupan-malang.org)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HIRARKI GEREJA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger