Ladang Karya Uskup Baru Malang

Ladang Karya Uskup Baru Malang


MGR Henricus Pidyarto Gunawan OCarm telah diumumkan secara resmi menggantikan Mgr Herman Joseph Pandoyoputro OCarm sebagai Uskup baru Malang. Menurut data dari Radio Vatikan, 28 Juni 2016, Mgr Pidyarto akan menggembalakan 86.685 umat Katolik di Keuskupan Malang. Jumlah ini hanya sekitar setengah persen dari total populasi penduduk di wilayah itu, yang berjumlah 16.342.128 jiwa, sesuai dengan data Keuskupan Malang tahun 2013-2014 yang dilansir www.catholic-hierarchy.org.

Dalam reksa penggembalaannya nanti, Mgr Pidyarto akan dibantu oleh 156 imam, yang terdiri dari 27 imam Diosesan Malang dan 129 imam religius yang tersebar di 29 paroki. Selain itu, reksa penggembalaan Mgr Pidyarto juga akan dibantu oleh 399 suster dan 446 bruder dari berbagai tarekat yang berkarya di sana. Tarekat imam yang berkarya di sana antara lain, CDD, CM, CP, OCarm, SVD, SMM, dan OSM.  Sementara itu, tarekat bruder yang ikut membantu adalah BM dan BHK; juga para bruder yang berasal dari tarekat klerikal, seperti CDD, OCarm, SVD, CP, CM, dan SMM. Jumlah tarekat itu masih ditambah dengan tarekat suster, yaitu AK, CIJ, CP, OSA, OCarm, OSU, PIJ, PK, SPM, SSpS, MISC, HCarm, PKarm, HK, Rubiah CP, KFS, dan KYM. Di Keuskupan Malang juga berkarya Institut Sekulir ALMA, yang jumlahnya sekitar 147 pada tahun 2009.

Tahun 2009, tercatat bahwa ada 19 rumah retret atau panti samadi yang terletak di yurisdiksi Keuskupan Malang. Wisma Keuskupan Malang ini beralamat di Jalan Guntur 2 Malang, Jawa Timur, kode pos 65112. Luas Keuskupan Malang ini mencakup 24.409 kilometer persegi, yang berbatasan dengan Keuskupan Surabaya di sebelah Utara dan Barat, serta dengan Keuskupan Denpasar di sebelah Timur. 

R.B.E. Agung Nugroho
_____________________________ 
Foto: Gereja Katedral Santa Perawan Maria dari Gunung Karmel Malang [keuskupan-malang.org]
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HIRARKI GEREJA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger