Domus Sanctae Marthae

Domus Sancta Martha


ORANG akhir-akhir ini mendengar istilah Domus Sancta Martha. Apa sebenarnya yang disebut Domus Sancta Martha ini? Domus Sancta Martha juga sering disebut Wisma Santa Martha atau Casa Santa Marta, yakni nama tempat penginapan atau rumah singgah (guesthouse) di Vatikan, yang ditempati oleh para Kardinal selama mengikuti konklaf sejak 2005, dan juga para klerus yang sedang mengurus suatu kepentingan dengan Takhta Suci, seperti: menghadiri pertemuan, sidang, sinode, seminar, dan sebagainya. 

Pengelolaan tempat ini diserahkan kepada para biarawati Puteri Kasih (PK) atau Daughter of Charity dari Santo Vincentius a Paolo. Letak bangunan ini berada di dekat Basilika Santo Petrus, yang dibangun pada masa Bapa Suci Yohanes Paulus II (1920-2005) pada 1996. 

Cikal bakal bangunan ini sudah ada sejak zaman Paus Leo XIII (1810-1903) tahun 1891, yang awalnya digunakan untuk tempat penampungan penderita wabah kolera yang saat itu menjadi penyakit endemik di Italia. Bahkan pada saat Perang Dunia II (1939-1945), tempat ini digunakan sebagai penampungan bagi korban perang, termasuk orang Yahudi pada masa Nazi Jerman di bawah Adolf Hitler. 

Usai konklaf 12-13 Maret 2013, Sang Paus terpilih, Bapa Suci Fransiskus yang sebelumnya adalah Uskup Agung Argentina, memilih tinggal di tempat ini karena menolak tinggal di Apartemen Kepausan yang berada dalam Istana Apostolik. Paus yang bernama asli Kardinal Jorge Mario Bergoglio SJ ini mulai tinggal di sana sejak mengikuti konklaf hingga terpilih sebagai Paus Gereja Katolik ke-266.

R.B.E. Agung Nugroho
_______________________
Foto: Domus Sanctae Marthae (brusselsdiplomatic.com)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HIRARKI GEREJA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger