Uskup Agung Baru Pontianak: Mgr Agustinus Agus

PAUS Fransiskus secara resmi menerima pengunduran diri Uskup Agung Pontianak Mgr Hieronymus Herculanus Bumbun OFMCap pada Selasa, 3 Juni 2014. Kini Mgr Bumbun telah menginjak usia 77 tahun. Ia telah menggembalakan umat di Keuskupan Agung Pontianak sejak 26 Februari 1977. Meski demikian, ia telah membantu reksa penggembalaan Keuskupan Agung Pontianak karena sebelumnya sudah bertugas sebagai Uskup Auksilier Pontianak sejak 19 Desember 1975. Ia menerima tahbisan Uskup Tituler Capra, 27 Mei 1976; dan sempat mendampingi Mgr Herculanus Joannes Maria van der Burgt OFMCap beberapa saat. Kini, Mgr Bumbun berstatus sebagai Uskup Agung Emeritus Pontianak.

Lansiran pengumuman penerimaan pengunduran diri Mgr Bumbun itu dimuat dalam website resmi Vatikan, news.va (3/6). Dikatakan, Bapa Suci menerima pengunduran Mgr Bumbun sebagai Uskup Agung Pontianak berdasarkan aturan yang terdapat dalam Kitab Hukum Kanonik (KHK) Kanon 401 §1. "Uskup Diosesan yang sudah berusia genap tujuh puluh lima tahun, diminta untuk mengajukan pengunduran diri dari jabatannya kepada Paus, yang akan mengambil keputusan setelah mempertimbangkan segala keadaan." (KHK Kan.401 §1)

Pada saat itu juga Paus Fransiskus mengangkat Uskup Sintang  Mgr Agustinus Agus sebagai Uskup Agung Pontianak menggantikan Mgr Bumbun. Mgr Agus telah menggembalakan Keuskupan Sintang sejak ditunjuk pada 29 Oktober 1999; dan menerima tahbisan uskup pada 6 Februari 2000. Dengan demikian, Keuskupan Sintang pun lowong alias sede vacante hingga menunggu penunjukkan gembala baru di sana.

 R.B.E. Agung Nugroho

____________
Foto:
1. Mgr Agustinus Agus [R.B.E. Agung Nugroho]
2. Mgr Hieronymus Herculanus Bumbun OFMCap [R.B.E. Agung Nugroho]
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HIRARKI GEREJA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger