Uskup Baru Bandung: Mgr Antonius Subianto Bunyamin OSC

PAUS Fransiskus secara resmi mengumumkan penunjukkan Pastor Antonius Subianto Bunyamin OSC sebagai Uskup Bandung, Selasa sore, 3 Juni 2014. Pastor Anton -demikian sapaannya- saat ini menjabat sebagai Provinsial Ordo Salib Suci (OSC) pada periode keduanya (2013-2016). Periode sebelumnya (2010-2013), ia sudah mengemban tanggung jawab ini. Konon pada periode kedua ini, Pastor Anton sebenarnya dipersiapkan untuk memperkuat di tingkat Generalat OSC demi membantu gubernatio internal Salib Suci.

Penunjukkan Pastor Anton sebagai Uskup Bandung ini mengakhiri kondisi sede vacante (takhta lowong) Keuskupan Bandung sejak 12 November 2012. Kala itu, Mgr Johannes Maria Trilaksyanta Pujasumarta yang menggembalakan umat di Bandung, tiba-tiba didaulat oleh Paus Benediktus XVI sebagai Uskup Agung Semarang. Selama takhta lowong, Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo diberi tugas tambahan oleh Takhta Suci sebagai Administrator Apostolik Bandung. Syukurlah kini Keuskupan Bandung sudah mendapatkan gembala baru yang masih muda.

Menurut lansiran website resmi Vatikan, news.va (3/69), Uskup Bandung terpilih ini lahir di Bandung, Jawa Barat, 14 Februari 1968. Ia memulai menggeluati panggilan imamatnya di Seminari Menengah St Petrus Kanisius Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah. Lalu ia bergabung dengan OSC dan menjalani formasi sebagai calon imam Salib Suci. 

Kaul kekal sebagai anggota OSC ia ikrarkan pada 28 Agustus 1994. Selang dua tahun, tepatnya 26 Juni 1996, ia menerima tahbisan imamat. Usai ditahbiskan, Pastor Anton diutus untuk studi Filsafat di Universitas Katolik Louvain, Belgia (1996-1999). Ia berhasil menyabet gelar Lisensiat dan pulang ke tanah air untuk mengajar di Universitas Katolik Parahyangan, Bandung (1999-2003).

Sang Superior mengutusnya lagi untuk mendalami Ilmu Filsafat di Universitas Kepausan Lateran, Roma (2003-2007). Tahun 2007, Pastor Anton pulang dengan titel Doktor Filsafat dan diincar untuk memperkuat Universitas Katolik Parahyangan. Alhasil, ia kembali ke tanah air dan diserahi tugas sebagai Wakil Provinsial OSC (2007-2010). Meski demikian, ia tetap mengajar di Parahyangan.

Selain itu, Pastor Anton pun mengampu beberapa tanggung jawab penting lainnya, misal: Direktur Eksekutif Yayasan Salib Suci untuk sekolah-sekolah Katolik di Bandung (2008); Ketua Pengurus Yayasan Parahyangan (2009); Sekretaris Yayasan Marga Asah Talenta; dan Ketua Institusi Hukum Universitas Katolik Parahyangan (2009-2010). Di Keuskupan Bandung, ia dipercaya sebagai Sekretaris FORPITU (Forum Pimpinan Tarekat dan UNIO Keuskupan Bandung); anggota Dewan Konsultores dan Dewan Pastoral Keuskupan Bandung (2010); dan anggota dewan di APTIK (Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik) di Indonesia. Hingga berita ini ditulis, belum ditentukan kapan acara pentahbisan Uskup Bandung ini akan digelar.
R.B.E. Agung Nugroho

___________
Foto:
1. Pastor Antonius Subianto Bunyamin OSC [osc.or.id]
2. Gereja Katedral St Petrus Bandung [R.B.E. Agung Nugroho]
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

3 Juni 2014 19.50

bahagia memiliki uskup baru setelah satu setengah tahun kosong...

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HIRARKI GEREJA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger